Tips Satu


Oke. Berhubung diskusi banyak yang tanya tapi sepi… Mungkin perlu penyegaran di sini ya… Perlu banyak belajar untuk kelas Metode Kuantitatif Kelas B… Banyak sekali yang perlu dibenahi… Banyak sekali yang harus dilakukan sejak sekarang… Pilihannya sekarang adalah mau berusaha sekarang atau tertinggal… Apakah pemikiran yang seperti ini yang membuat Indonesia tetap tertinggal seperti ini ya?

Jadi kita masuki tips yang pertama. Tips pertama akan membahas mengenai menggali pertanyaan, atau permasalahan. Seringkali kita menemukan permasalahan baru melalui diskusi bersama teman. Tidak hanya dalam forum diskusi dalam kelas atau ruangan tertentu dan telah dikondisikan untuk berdiskusi guna mendapatkan permasalahan. Obrolan dalam sebuah pertemuan tidak resmi dapat juga menjadi sumber pertanyaan.

Kadang kita tidak pernah memikirkan atau mengingat obrolan ketika sedang berada di angkringan atau warung atau hanya sekedar bertemu sesaat. Ketika kita bertemu seseorang di suatu tempat ketika kita menggunakan layanan publik dan orang tersebut mengeluh tentang yang berkaitan dengan layanan tersebut, itulah permasalahan layanan tersebut. Namun seringkali ketika kita mencari permasalahan mengenai sebuah instansi misalnya, kita sudah terpaku pada apa yang kita alami dengan instansi tersebut. Pengalaman orang lain seringkali kita lupakan. Padahal pengalaman orang lain itu dapat menjadi masukan berharga untuk menjadi permasalahan penelitian.

Untuk mempelajari lebih jelas mengenai penggalian masalah, sekarang kita coba untuk mendiskusikan permasalahan yang kita hadapi. Kita cari latar belakangnya, kemudian kita coba untuk mencari solusinya. Diskusi Empat sangat penting untuk didiskusikan sekarang. Bahkan dapat menjadi acuan untuk kuliah berikutnya. Sampai jumpa di Diskusi Empat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s