Jadwal minggu ini


Banyaknya e-mail yang masuk serta sms yang membanjir di HP mendorong untuk segera membuat pengumuman di Blog ini. Baik, pertama-tama masih banyak yang membuat proposal penelitian itu asal jadi. Sementara kedalaman latar belakang untuk diacu sebagai perumusan masalah juga harus dipertimbangkan. Sudah cukup banyak yang menggunakan dukungan data yang dimasukkan dalam latar belakang masalah. Hanya saja masih banyak yang melupakan salah satu variabel yang akan diteliti.

Seperti kita ketahui bahwa penelitian kuantitatif terdiri dari dua macam variabel yaitu variabel bebas dan variabel bergantung. Misalnya, Bagaimana pengaruh kebijakan A terhadap kinerja B di daerah tertentu. Nah, yang harus dijelaskan adalah Variabel A sebagai variabel bebas, dan variabel B sebagai variabel bergantung. Kesemuanya harus dimasukkan dalam latar belakang permasalahan guna mengantarkan pembaca ke dalam bingkai pemikiran kita. Sebisa mungkin ditulis secara lengkap.

Kedua, banyak yang tidak menuliskan judul. Hal ini bisa terjadi karena dalam pemikiran penulis tidak ditujukan untuk penelitian, namun hanya untuk tugas semata. Ingat, judul mengantarkan pembaca untuk membatasi pemikiran sebelum memasuki latar belakang.

Ketiga, tidak banyak yang menyampaikan dalam latar belakang masalah mengenai kondisi geografis lokasi penelitian. Pembaca membutuhkan deskripsi geografis untuk dapat membayangkan atau minimal mengetahui kepentingan (urgensi) dari penelitian tersebut.

Keempat, data yang akan digunakan tutorial SPSS belum ada. Belum dibuat kuesioner untuk masing-masing penelitian. Data yang akan digunakan dalam tutorial SPSS adalah data yang diperoleh dari lapangan masing-masing.

Berdasarkan data yang tercantum di atas, maka diputuskan bahwa jadwal minggu ini adalah Tutorial Pembuatan Proposal. Proposal yang dibuat masing-masing kelompok dapat mulai dikonsultasikan sejak pengumuman ini ditayangkan.

Khusus hari Rabu pukul 10-00 hingga 13.00 tidak dapat dilaksanakan tutorial. Tutorial akan dilaksanakan di MAP-UGM setiap hari kecuali hari Sabtu dan Minggu.

Tinggalkan komentar