Diskusi Enam


Alhamdulillah. Sepertinya banyak mahasiswa yang gelisah karena tugasnya sedikit dan mudah. Apa perlu dibuatkan tugas yang lebih sulit lagi ya?

Ada kebiasaan yang sedikit mengganggu dalam pembuatan tugas ini. Yaitu mengenai sistem SKS atau biasa disebut sebagai sistem kebut semalam. Hal ini dapat mengganggu dalam pembuatan skripsi nantinya.  Baik, kalau begini keadaannya, maka diskusi kita kali ini akan membahas mengenai “Bagaimana meningkatkan kualitas tugas mahasiswa?

10 thoughts on “Diskusi Enam

  1. menurutku kita bisa ngeliat fenomena administarsi publik kalo kita punya rasa kritis.
    o y mas mau nanya.. ak baca bukunya p.erwan, di sana ada contoh rumusan masalah, pertanyaannya di rumusan masalah itu ada satu pertanyaan pokok terus ada pertanyaan terperinci. nah m.bagus kemaren bilang kalo pertanyaan d rumusan masalah itu cuma ada satu. ak bingung=( wkt ak bt proposal penelitian pas sma dulu ak jg pny tiga pertanyaan di rumusan masalah). ak liat di skripsi2 jg ada lebih dari satu pertanyaan di rumusan masalah. jelasin lagi ya yg dimaksud m.bagus
    maafmaaf kalo bahasanya kurang sopan dan kurang berkenan, maksud hati biar lebih akrab gtu. tengkiu y.

  2. Kalau mau banyak berdiskusi, lalu cermat mencerna keluhan lawan diskusi kita, pasti bisa memahami fenomena administrasi publik.

    Untuk perumusan masalah, yang dimaksud satu pertanyaan itu adalah Grand Questionnya/Pertanyaan Besarnya/Pertanyaan Intinya/Pertanyaan Pokok. Dari tugas yang dikumpulkan sejak kemarin itu banyak yang tidak mencantumkan pertanyaan pokok. Mendadak muncul dua atau tiga pertanyaan.

    Kalau yang saya bilang itu kan memang diminta satu pertanyaan, yang dimaksud adalah pertanyaan besarnya saja. Mengapa saya minta pertanyaan besar, karena bila langsung muncul banyak pertanyaan seperti yang dikumpulkan kemarin, maka penelitian akan bias.

    Kalau mau nanya lagi gapapa lho. Kalo mau pake bahasa gaul juga boleh. Sepakat?

  3. kok binun ya mas???diskusi enam ini ngomongin soal bagaimana maningkatkan kualitas tugas or cara pandang thd fenomena AP??
    untk peningkatan kualitas tugas,saya rasa ya mas…tp cam rasa saya lo mas..he…kita mulai terjun lapangan kali ya, tp mgknkendalanya kta belum punya bahan utk kelapangan.artinya kta belum punya bekal/ pertanyaan yg ditujukan utk respnden,dan lain sbgnya.Mmbahas soal tema dan rumusan masalh aj gak kelar2 apalagi pertanyaan…capek deh…^_^
    knapa ya…??soalnya saya jga bingung sndiri,sdah dibuat kelompok kecil tp say jga sangat sulit buat ngeh-in klmpok saya ndiri.setiap saya tanya ttang tema dsb-nya malah membalikkan pertanyaan,orang saya tanya utk dibahas malah gantian nanya(kok malah jd curhat ya…)
    kesepakatan yg diperoleh akhirnya saya jga yg mencari bahan dan mereka menyediakan diriutk mengetik ( capek lagi dueh…*_*)
    utk perumusan masalah,yg saya tangkap,kita bertolak pada latar belakang dan diacukan pada landasan teori.misalnya tentang kecenderungan anak sulung itu mandiridan anak bungsu itu kurang mandiri.diliht dari latar belakangnya anak sulung itu cenderung kedewasaannya terbentuk lebih dulu dr pd anak bungsu, nah landasan teorinya mengatakan bahwa anak sulung lebih mandiri dr pad anak berikut-berikutnya.
    begitu gak ya…????
    permasalahan disini utk fen.Ap saya belum bisa merumuskan bagaimannya,apa mgkin yg dimaksd mas bagus soal variabel bebas dan terikat itu apakah adanya unsur pembanding dari apa yg dipermasalahkan itu ya??..

  4. Variabel bebas dan terikat itu maksudnya variabel bebas mempengaruhi variabel terikat. Yang nantinya diperbandingkan itu antara hipotesis dengan variabel terikat. Variabel bebas dan terikat itu sesungguhnya hanya untuk membedakan antara yang mempengaruhi dan yang dipengaruhi.

    Misalnya, keaktifan mahasiswa dalam kuliah (variabel terikat) dipengaruhi oleh (variabel bebas):
    1. Pola pendidikan sebelumnya
    2. Pola kesibukan mahasiswa
    3. Kebiasaan mahasiswa
    4. Sifat mahasiswa
    dsb.

    Sudah paham kan?

  5. Wa..mas.ternyata pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada mekanisme curhat lebih menarik ya buat teman-teman ya.. slamat y..
    oke, saya akan langsung masuk pada permasalahan diskusi VI,
    “Bagaimana meningkatkan kualitas tugas mahasiswa?“
    kalau masalah kualitas, menurut saya hal ini berkaitan dengan:
    1.bobot nilai
    2.tugas ini memberikan pengalaman berharga yang tidak terlupakan, misalnya hal-hal baru seperti SPSS, cara membuat ini, cara mengolah data itu, dsm
    3.tgs yang dibimbing secara intensif oleh dosen ataw asdosnya
    4.tgs yang dilengkapi juga dengan alat penunjang primernya. misalnya jika spss sudah ada softfile program, sehingga terdapat keseragaman teknik,metode,dsm. sehingga perbedaan pola analisis dari mahasiswa dpat terlihat dengan cetha..
    5.mas…aq kok pusing ya…banyak banget tugasnya. saya dan teman-teman nitip doa y…biar kuat, pinter, semangat…
    we need it much
    t e r i m a k a s i h m a s b a g u s

  6. Muncul juga Njar… Kemana aja nih? Komennya langsung dikomenin ya…
    1. Bobot nilai yang seperti apa maksudnya nih?
    2. Penelitian itu juga merupakan pengalaman berharga lho. Kalau ga belajar mulai dari sekarang trus skripsinya mau pesan aja ya? Wah, pada kaya ya. Klo gitu tutorial pake tambahan fee donk. (Mupeng Mode: ON)😀
    3. Yang namanya tugas itu biasanya berkaitan dengan semua yang telah dijelaskan. Jadi sepertinya bimbingan itu kurang begitu mengena ya. Kecuali tugas yang betul-betul baru seperti penelitian ini.
    4. Alat penunjang primer untuk Metode Kuantitatif adalah Proposal Penelitian. SPSS hanya sarana pendukungnya saja. Yang pasti untuk masalah keseragaman nanti ada pada Metode Kuantitatifnya. Untuk pembahasan sih terserah peneliti atuh.
    5. Tugas Metode Kuantitatif kan cuma satu-satunya. Tugasnya kan ga ditambahin. Mungkin bukan kebanyakan tugasnya, tapi kebanyakan maen.😀 Saya dan Pak Erwan nitip doa ya… biar sabar…😀
    h a t u r n u h u n

  7. Mas…lg bingung nich!!! Bantuin donk, lagi penelitian mentok banget waktu mgolah data di spss. kok ga signifikan y? kira2 disebabkan krn apa?..
    __________
    @susan
    mbok dikirim email… trus add Y!Messengerku buat diskusinya… gitu khan enak…😀
    (abasosay)

  8. Ping balik: St Louis Personal Injury

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s