Diskusi Delapan


Hmmm… Banyak banget yang komen. Tapi kok banyaknya di curhat ya? Pada nanya juga, kapan Diskusi Delapan keluar. Kemarin sempat bikin diskusi delapan. Tapi melihat perkembangan yang sangat cepat, akhirnya dengan melihat segala kemungkinan, maka diputuskan untuk mengambil permasalahan yang ada di sekitar mahasiswa, dan yang paling dijalani oleh mahasiswa. Paling tidak untuk awal membuka pemikiran yang lebih kritis. Diskusi Delapan ini mungkin ga ngaruh sama nilai. Gw cuma pingin menggali informasi dan ide-ide kreatif untuk pengembangan saja. Jadi para pemburu ‘A’ mohon jangan kecewa ya.

Baik, beberapa hari terakhir ini gw mulai dekat sama mahasiswa AN ’06 yg itu kelas B. Dari informasi yang terpercaya, ternyata kehidupan AN telah banyak berubah semenjak gw tinggalin. Mulai dari KMAN yang berubah dari bentuk Korps menjadi Keluarga, hingga masalah internal KMAN yang perlu dipikirkan untuk kelanjutan bangsa dan negara KMAN itu sendiri. Salah satu hal yang paling banyak dikeluhkan adalah masalah kepemimpinan dan kepengurusan sang Ketua KMAN. Eits, bukannya gw pingin turut campur dalam hal ini. Tapi kan kalian sendiri yang ngalamin. Gw cuman mods disini. Betul?

Gonjang-ganjing KMAN bergulir dari masa ke masa. Apakah ini merupakan siklus sepuluh tahunan? Ada indikasi kesana, karena gw ga ngeh sama tahun2 di antara sepuluh tahun itu. Njuk, ada juga yg minta model diskusinya diubah, jadi mods melemparkan opini, biar yg lain menyanggah. Let’s njajal. Awas klo sepi.

Kondisi KMAN yang sekarang tuh kabarnya kacau beliau balau. Semua dan segala tuduhan diarahkan ke Ketua KMAN. Eit, gw ga mbelain Ka-KMAN lho. Tuh ada yg mau protes. Kalo analisis gw, Ka-KMAN tuh kemarin menjadi calon tunggal. Nah, kebiasaan di KMAN klo adanya calon tunggal tuh dicarikan tandingannya. Walaupun yang muncul nanti tandingannya berupa kotak kosong, pemilu harus tetep berjalan. Ga bisa karena hanya calon tunggal trus ditunjuk aja. Ga demokratis. Satu kesalahan suksesi ditemukan.

Teori organisasi sang Ka-KMAN ini masih kurang, jadi masih seenaknya sendiri, otoriter dalam mengambil keputusan. Masih kaya SMU aja sepertinya, dimana yang namanya jam belajar itu sama untuk semua anggota OSIS. Ini kuliah. Kuliah itu kalo udah angkatan tua biasanya waktunya udah pada beda-beda. Ga cuman harinya yang beda, tapi jamnya juga bisa selang-seling. Satu kekurangan manajemen organisasi ditemukan.

Menurut pendapat gw sih mendingan Ka-KMAN-nya ganti. Kenapa harus ganti, karena kalo kaya gini terus ga bakalan ada kemajuan yang berarti buat KMAN. Nah, dampaknya ga akan ada gunanya aktif di kegiatan KMAN. Mendingan kuliah dapet nilai plus klo tutornya gw. Hehehe.

Kalo ga bisa diganti, dengan alasan masa jabatannya cuma tinggal satu semester, maka ubah sikap Ka-KMAN. Bikin dia manut sama masyarakat AN. Ini diperlukan kesamaan visi dalam upaya perbaikan kepemimpinan. Hey, KMAN tuh milik mahasiswa AN. Siapa lagi yang bakalan mikirin AN klo bukan mahasiswanya. Masalahnya sampeyan mau maju atau mau jadi nothing.

Diskusi ini dimulai.

23 thoughts on “Diskusi Delapan

  1. upZzzz….
    rupanya ada diskusi tTg KMAN disini…
    nimbRung ahH..

    kalo aku siy kurang setuju sama penggantian Ka-KMAN, tapiyyy… kalo skedar perubahan mah,,, hayukkk…
    gini niy masalahnya, masa kepengurusan Ka-KMAN yg sKg tinggaL skitar 2buLan lagi… padahaL, KMAN masih punya agenDa besar berupa semNas yang persiapaNnya udah kelaR skitar Yah 50% lahh…. nha… kita udah nyebar undangan ke univ2 yang laen, udah dapet pembicara, sponsorShip, moDerator, dsb

    nhah, kalo begini kan acara ini udah g atas nama KMAN lagi,, tapiyyy atas nama ADministrasi negaRa UGM,,, lhah lhah lhah… mw taro dimana muka AN UGM kalo acaranya bataL…
    ehm singkatnya siy itu yang mnuRutku paling uRgent sekarang ini…
    hatuR nuhuN…

  2. wahduh mas,kalo diganti jangandulu mas kalo saya.Kenapa? dengan Rencana program KMAN saat ini sangat wasting time jika harus diadakan penggantian ka-KMAN. Sebenarnya saya jga kurang tau masalah internal KMAN itu sndiri.Cuman dengan keadaan ka-KMAN saat ini memang seakan-akan keberadaan KMAN menjdi powerless dihadapan rakyat AN.
    Persis……sama ketika Presiden RI dijabat oleh Megawati,Faktor internal yg disebut2kan antara lain, konflik internal dan lemahnya kaderisasi dan konsolidasi.Fenomena Megawati saat itu mendapat perhatian lebih karena kontroversi sekitar Ketua Umum PDIP itu merupakan faktor utama yang menyebabkan kemerosotan PDIP dan perpecahan partai tersebut.

    Koordinasi yang lemah terhadap menteri-menteri, sikap kurang bersahabat dan lemahnya hubungan masyarakat dari pemerintahan Megawati, ketidakmampuan Megawati memberikan penjelasan tentang kebijakan-kebijakan yang diambilnya kepada rakyat secara logis dan jelas, memberikan citra buruk pada epemimpinan megawati.

    Nah…mgkin analogi dari ksus td persoalanyg muncul dalm KMAN MUNGKIN sama dgn kasus saat pem megawati. Kalo masalh pengambilan keputusan scara spihak saya no coment aja deh.
    cma saya ad sdkit komentar untuk kepemimpinan, memang terkadang pemimpin harus pure demokratis,teradang meang harus otoriter dalam eadaan tertentu. Tapi semisal perlu adanya penggantian harus meperhatikan beberapa hal. Apa lgi dalam masa transisi kepemimpian saat ini (berapa lama lag?? 2 bula…) taulah berapa itu.

    kita belajarKisah zaman Israel kuno itu menguak sebuah perubahan politik dari Jalut (Goliat) yang digantikan melalui proses cukup alot oleh Daud (David).yg notabene juga emngalami transisi pada jaman otoriter ke demokratis. Tp saat itu juga akan muncul figur2 baru yg mengatasnamakan Deemokrasi.
    memang pada akhirnya realitas ini bukan saja harus diakui, tetapi diterima. Bahwa proses demokratisasi politik di masa transisi lebih menonjol diwarnai oleh pertarungan figur. Kekuatan figur itu pun yang dominan hanya dua karakter yaitu karisma dan popularitas yang muncul dari penampakan luaran seperti penampilan, gaya bicara serta postur tubuh.
    diharapakan jika penggantian terjadi tetap mencari calon yg berkompeten,bukan atas dasar urgenitas.
    itu aja sih yg bisa saaya sampaikan,kurang lebihnya saya mohon maap….
    oh iya mgkin ini terakhir kali jga saya ikutan abasosay krn kuliah dah mau habis.Jika ada sanggahan,pendapat atau tutur tulis yg kurang mengenakan mohon dimaafkan.
    C_U, caiiYo……….

  3. duh,,,sebelomnya makasi banget mas udah ngangkat tema ini jadi bahan diskusi ,yah seengak2nya jadi temen2 yg laen juga tambah terpangil buat reformasi kman,,hehe
    sebenernya sih yg pingin kita(temen2 yg pengen berubah)(sori juga nih,gak mau bawa sentimen angkatan ahhh,,hehe) rubah ya soal budaya yg bernaung di KMAN,soalnya seberapa kali pun orang2 yang ada diatap2 kman dirubah tapi klo kultur dan tradisi yg berkembang masih begitu2 aja ya tetep aja bakalannya yg kejadian cuma perubahan struktural aja bukan perubahan kultural..dan gak salah juga klo hal itu bikin banyak temen2 yang kurang begitu aktif atoupun malah acuh sama lingkungan sana (hehe jadi curhat)….
    trus menurut hemat saya (cie hemat..tampang boros gini,,hehe) hal dari faktor kultural itu,akhirnya pengaruh ke program2 dan praktek kerja per divisi disana (argumen ini berdasarkan curhatan asli temen2 yg aktif disana)..dan akhirnya pula,,,bikin setiap program2 dan acara yg kman bikin jadi sepi pengunjung,,((entah riset tentang kemauan pasar yg kurang ato emang sial bikin acara pas ujan,,hehe))
    sebenernya klo soal program itu,rencananya pas public hearing kemaren, kita (temen2 yg mau berubah) cuma mau sedikit mengkritik program2 dan pelaksanaan programnya yang udah di lakuin temen2 di kman sekarang,,tapi koq ujung2nya mekanisme public hearing berubah jadi public killing (maksudnya ke 12 temen2 yg mau coba ngajuin untuk berubah itu) oleh massa mayoritas yg ada disana (trus jadi binggung deh ini sebenernya yg mau didenger dan mendengar siapa???padahal sumpah deh,dari lubuk hati yg paling dalem,,kita2 gak pernah berniat mau bikin coup,,(kalo soup gak apa2 deh,,) tapi cuma mau ngajuin saran buat perubahan aja,,eh tapi entah kenapa koq isu yg berkembang di temen2 an malah kudeta???(lagian juga bego banget klo ada orang yg mau bikin kudeta buat kepemimpinan yg tingal 2 bulan plus dipotong masa libur,,,hehe
    ya jadi gitu deh ngutip levi’straus yg pernah bilang bahwa budaya itu obor buat suatu lingkungan masyarakat,,ya kali ini asik kali ya klo obor itu kita ganti sama lampu neon 80 watt,,hehe

  4. salam merdeka ke 62 mas Bagoset,Annion Haseyo …(saya ngisi pas idul adha lho sesuatu yg jarang sekali cuma 100 tahun sekali mas) hahahhahahah

    Thu gosip tentang pergantian KMAN thu udah menyebar kayak virus antraxs mas( salah nulis kgk ya)…? emang sih slama kul di AN, aq gak ngerasa amat manfaat dari KMAN thu sendiri8, malah gak pernah ikutan kegiatan KMAN terakhir denger tentang KMAN thu pas masuk Kul pertama Kali tyus ditutor ma mas IYENG(iyeng-iyeng kepalaQ hahahah)…malah terdengar issu dari infotaiment kalau mau diadain kudeta(kayak di filipina nti digrebek tentara lho…??? bener kata mas Bagoest lebih baik diganti karena para anggota yang dibawah naungan KMAN sudah tidak sreg dengan kualitas pengurusan KMAN sekarang n betul juga yang dikatakan oleh saudara oleg yang setengah gila( dasar gak mutu baget AQ bisanya jiplak ya hahahahaha,)
    walaupun dirubah tetapi yang harus diutamakan dalam perubahan KMAN adalah kultur dari KMAN thu sendiri…?? KMAN thu artinya (keluarga besar mahasiswa administrasi negara) yang namanya keluarga seharusnya ada persamaan tujuan dalam membawa kesejahteraan dan kerharmonisan keluarga thu sendiri…..???Lha Dikeluarga KMAN sendiri malah pada ribut masalah ini lah itu lah,, kapan mau maju kalau selalu selalu cekcok trus lama lama KDRT lho(ah kyk sinetron aja)…????kalau bisa rencana yang udah dijalanka ma KMAN kepengurusan skr thu dijalani mpe kelar dulu baru ganti kepegurusan, kyk thu seminar nti tiba2 ganti kepengurusan malah buyar nti thu acara( dikutip dari tete) hahahahaha

    kok mas Bagoest bilang siklus 10tahunan mang dulu juga kayak gini pho ( apa mas bagoest terkena banjir dari jakarta yang kena siklus musim diskon akhir tahun ya hahhahaha)
    Oh ya besok kul terakhir MK ya sedih juga tapi juga binggung juga krna slam nih KL kul sering telat mlulu(biasaya kebonisasi)

  5. aLLow mz..
    pendatang br ni..hwahaha..
    kmrn2 pgn ngisi tp mlz e..

    diskusi soal KMAN y???
    waduw2…..
    snbnrnya q jg ga terlalu tau ma kegiatn KMAN…
    tp sbg warga AN y q hrz iktn ngmng ni…
    kt tmn2 c KMAN slama ini ga nghasiln ap2 tp y mank bnr jg c cz q jg ga ngrasain manfaat ma adanya KMAN…

    y…
    q pgna c KMAN ad perubahan…
    ketua???yg pztna hrz berkompenten dunk…
    klo perlu perubahan y drubah aj…
    q dukung dh…
    oche2…oche…..
    oche mz bAgUz…

  6. hoho…
    pendatang baru neh…
    asem, tadi dah ta tulis puanjangnya minta ampun Dj..
    tp malah eror… jadi ngulang dweh..

    saya sangat2 mendukung sekali dengan penggantian Ka-KMAN karena menrut saya Ka-KMAN sekarang ni kayae lamban bgt get get get get dah..
    mosok program kerjanya molor trus, dari awal malah en kyae pengen menang sendiri juga menyokong salah satu gol tertentu yang ada di AN maupun di Fisipol. contohnya saja waktu pemilihan Ka-Divisi2 di KMAN ampe telat 2 bulan bozt ( kya lagunya jamrud aja ). trus masalah semNas, menurut saya semNas ntu adalah suatu kecerobohan dari ketua KMAN karang ni coz kenapa dia menjadwalkannya ketika saat2 dia mau turun jabatan!!! padahal itu akan membuat suatu kekacauan ketika ada suatu pihak yang berobsesi tinggi yang ingin menjadi ketua malah terkendala karena program ketua lama g’ jadi2 en g’ jalan2. pye toh om… payah!!! lamban lagi… mangnya ntu ketua mu jadi ketua lagi phow??? halah2… ampun Dj… trus dalam pemilihan anggota en calon ketua en anggota KMAN baru. Ka-KMAN lama kayaknya lebih condong kepada orang2 yang brada di dekatnya en gol. saja. mungkin temen2 AN smua tau en g’ penting aq critain. kapan indonesia maju klo di kampus Fisipol aja udah ada tebang pilih pohon!!!! ingat2 ting…
    mengingat en menimbang batre laptop mu habis skian dulu dech.
    maap klo kata2 saya tidak mengenakkan salah satu pihal di pihak yang saya kritik tadi maaf skali lagi biz gedeg bgt gw..hohohoho

  7. huy huy huy mas bagus…
    lngsung aj ya..
    aq jg ngrasa klo KMAN tu selama ini gak ada kemajuannya cz aq gak ngrasain klo kinerjanya misalnya aj kyk ngadain seminar2 kecil yg ngebahas isu2 yg nyambung ma AN, ato dari masing2 divisi ngadain acara sesuai ma divisi2 itu misalnya divisi english club, knp sih mreka gak ngadain acara debat, pidato, news reading buat dilombain ya minimal bwt se fisipol aj?kan klo kyk gt, kman jg bs berfungsi gak “diem” aj kyk skrg?ap mngkin krn KA KMAN yg trlalu kaku jd setiap acara hrus formal?sorry 2 say tp ni cm pndapatq aj..
    yg aq tau divisi kerohanian aj yg aktif ngadain acara tp mana divisi yg lain?KMAN jg bs kn skedar ngadain acara nnton breng?trus slama ni KMAN ngapain?bwt pergantian ketuanya sih mnurutq jg tanggung bgt cz hbs ni jg ud diganti jd aq stuju ma mas bagus yg diganti sikap dari ketua itu sendiri tp jg jgn egois dgn hanya nyuruh ketua aj yg berubah, semua jg harus diubah kyk rencana kerja ke dpan,dll biar KMAN tu lbh jelas lg arahnya kemana n tujuan yg pngen dicapai tu apa…jd KMAN gak akan gonjang ganjing lg..
    y itu semua sih cm pndapatq aj,,maap klo ada slh2 ngomong….^_^

  8. Sebelum bahas diskusi ini aku mw kluarin unek2 dlua ah…heee.

    Akhirnya ada peraturan baru di forum diskusi ini yang sesuai dengan keinginan banyak mahasiswa (termasuk eik juga lo). Peraturan yang menurutku emang seharusnya ada dari awal diskusi ini di buat. Peraturan yang gk bikin mahasiswanya Cuma jadi ngejar nilai aja. Coba dari dlu kya gini mungkin akan lebih banyak lagi comment-coment yang masuk ke blog ini, dan yang pasti isinya akan lebih berisi. Secara apa yang ditulis asalnya dari pendapat yang pure dari hati dan emang niat buat saling tukar informasi bukan untuk oreantasi nilai. Maap ya klo ada pihak-pihak yang tersinggung dari ucapan-ucapankuloh. Mohon dimengerti ya…^_^
    Udah ah uneg2nya. Sekarang langsung ke topiknya aja..

    Weitz nyinggung2 masalah KMAN ni.. awas ada pihak yang tersinggung lo…heee
    Menurutku masalah KMAN gak bisa sepenuhnya kita menyalahkan Ka KmaN aja.. gak fair klo gtu.. masalah KmaN itu mang udah banyak bgt…. pertama, KMAn gak punya AD-ART, padahal setiap organisasi harus punya peraturan yang Namanya AD-ART yang gunanya ngontrol organisasi agar tidak menyimpang dari tujuan organisasi itu bediri. Klo gtkan jadi gak bisa liat kinerjanya kMan itu sendiri dh.
    Kedua, kurangnya partisipasi dari anggota. Yang ini nih pasti terasa bgt deh di sebagian besar anggota KMAn (termasuk saya sendiri lo)he….knapa ya??? Klo dri pribadi sih karena banyak program-program KMAN yang monoton, gak menariklah, trus banyak juga program yang kurang sosialisasi, jadi kyak gak ada apa-apa gtu cuman tunggu habis masa jabatan aja.
    Ketiga, banyak divisi-divisi yang gk jelas gunanya apa? Udah gtu tetep ada lagi bikin nama KMAN mkin buruk aja kinerjanya… trus klo ditanya yang salah siapa ya??? Yang itu sih aku gak berani jawab!! Hee…
    sekedar info aj ni,,,
    di negara-2 maju kalo ada organsnisasi yang bermasalah pasti ketuanya yang salah karena ketua nya yang bertanggung jawab dengan semua anak-buahnya. Meskipun yang sebenernya yang salah anak buahnya, tapi tetep disan ketuanya pasti langsung mengundurkan diri dari jabatannya. Beda ya sama di indonesia heeee…beda kultu kali ye….. kalo kata pemimpin indonesia mah ”enak aja lepasin jabatan, susah-2gw dapetin jabatan ini sampai jungkir balik pula masa gw lepasin jabatan,gK YEEE…
    mending mikirin gmana cara byar gw tetep bisa pegang jabatan ini,,..”heeee
    Udah ah terlalu banyak yang diomongin jadi tambah pusing deh.. mending solusinya aj kli yang baik diomongin.
    Solusi?????
    Apa ya????
    Bgung juga sih.. Ka nya diganti????
    Gak mungkin….
    Soalnya kman masih ada Semnas yang ktnyaa sih acaranya KMAN yang pling WAH… yah semoga aja acaranya bener-bner wah…. selain itu di Semnasnya kman kan bnyak melibatkan banyak pihak. Kalau sampe gagal bisa bikin malu AN uGM to….
    Trus apa solusi nya??
    Cara satu2nya ya nanti saat pemilihan Ka kMAn slanjutnya, kita pilih calon yang bener-bener pgen buata KMAN maju, yang jelas visi misinya, n pastinya berkompeten kan….
    Anda berminat????
    Silahkan daftar…
    Caranya?????
    Ketik DAFTAR (spasi) 01AN
    Kirim ke 999999999999999
    Dijamin gak dibalas….
    Hee…..
    Udah ah
    Cape deh….

  9. salaM Administrasi Negara Mas Bagus……
    Ya Numpang Komen Ja Ya mas,,,
    Melihat isu yang merebak saat ini, saya sendiri merasa prihatin dengan keadaan KMAN tercinta,,Badan yang menauingi inspirasi dan talenta-talenta brilian mahasiswa administrasi negara pada khususnya, harus menanggung prahara dan masalah yang sangat pelik ini….
    (halah,,muter-muter gak jelas nih mas!!!)
    Intinya,,saya setuju dengan rencana reformasi KMAN, supaya tercipta sesuatu yang benar-benar berguna pada nantinya bagi Korps mahasiswa administrasi negara sendiri..
    Jadi kita liat aja sepak terjang Sobat-sobat muda Kritis administrasi negara!!!
    Semoga berhasil!!!amin!!!

  10. mas menurut sayamasalah yang ada di km AN adalah sebuah masalah yang menurut saya muncul karena KM AN sebagai wadah Organisasi mahasiswa An,kurang mampu memberikan kegiatan,keterlibaatan buat mahasiswa An,dan menurut saya KM an perlu lebih baik kedepannya dengan perlunya km an membuat kegiatan yang melibatkan mahasiswa yang terjadwal,misal,basket,sepakbola,futsal,debat bahasa inggris,dll.yang memiliki jadwal,pengurus,serta kegiatan yang jelas ditambah requitmen yang jelas yang mencerminkan kerja dan dampak KM An itu ada,dan siapapun nantinya yang menjadi pengelola km AN agar ini diperhatikan karena halini akan membuat mahasiswa AN,menjadi sehat,cerdas dan berprestasi serta yang terpenting merasa terpanggil serta merasakan dampak dari adanya km an,thanks

  11. Ass. sory mz Baguz cz baru kali ni ak ikut diskusi.
    Mengenai KMAN yg akhir-akhir ni hampir sama skali ga da kegiatan, mnrt saya KMAN ga perlu diubah scara keseluruhan namun hanya perlu dicari apa penyebab kemerosotan KMAN ja, palagi masih da banyak agenda yg blum dilaksanakan. seperti halnya debirokratisasi yg tidak harus dilaksanakan satu paket/keseluruhan, misalnya hanya hierarki, pembagian kerja atau prosedur saja. trs klo dlm masalah KMAN ni saya rasa yg harus diperbaiki yaitu masalah kepemimpinan ka-KMAN.mgkn dalam membuat agenda kegiatan KMAN terlalu berpusat pada keinginan ketuanya ja, inisiatif dari bawahannya dihiraukan, tp kyknya klo masalah ni terpengaruh ma kepribadian ketuanya. mnrt saya penggantian KMAN bs dilakukan setelah ganti jabatan, cz waktunya juga cm beberapa bulan lagi.sikap kepemimpinan ka-KMANnya ja yg jd masalah, bs jd karna pengalamannya yg kurang di organisasi.masalah tersebut saya rasa berawal dari pemilihan ka-KMAN yg hanya calon tunggal ja.mgkn tu ja yg bisa ak omongin, makasih.

  12. Hay mas Bagus…
    berbanggalah karena dea ngisi diskusi ini jauh di kota kembang… Hahaha…
    Pertama-tama mau protes dulu, kok ada kuliah tambahan siy mas? kan dea msih mudik… Hiks! terpaksalah aku bolos, hehehe…
    Tentang KMAN, sebenarnya ngga begitu ngerti ya sama masalah intern KMAN itu sendiri, soalnya dea denger 2 versi gitu mas dan menyedihkannya, kaya ada perpecahan antara 2005 dan 2006 (secara pengurus KMAN mayoritas 2005 en yang pengen ngerubah KMAN itu mayoritas 2006).
    Sedih ya mas, di AN tersendiri sekarang udah terpecah belah gini… Sebenarnya dea setuju dengan adanya reformasi KMAN, karna selama ini dea ga ngerasa KMAN bermanfaat bwt kehidupan perkuliahan dea, hehehe… Tapi sebenarnya hal-hal kaya gini enaknya diomongin bersama, bareng-bareng, ngga ada kekerasan, ngga ada sikap saling sentimen satu sama lain, dll yang pkonya peace deh…Dea yakin ko, ka KMAN mu nerima, ya kaya keluarga aja (karna kita anak2 AN adalah keluarga), tapi kalo ternyata masih ga bisa diubah, ya terpaksa, kita yang pengen berubah yang maju…
    Mmm apalagi ya mas? segitu dulu aja siy, dadah mas bagus… mau oleh2 apa dari bdg?? hehehe…

  13. sebelumnya, met natal dan tahun baru buat smuanya…
    mbahas KMAN ya mas? sebenarnya saya rada canggung dalam diskusi ini karena saya sendiri ga masuk dalam list anggota kmAN. napa ya Q ga ikut? aneh juga rasanya. kan keluarga, jadi otomatis uda joint ya mas. kok uda kaya korps tapi bentuknya make keluarga-keluarga-an. agenda dan diskusi juga uda kaya korps atow organisasi berat lainnya. coba kalo benar-benar keluarga. kaya KMK misalnya, adem ayem aja.
    sebenarnya untuk dunia politik, uda ga ada tu yang namanya keluarga. yang ada kepentingan. jadi kudu dipertegas. sekarang aja uda kelihatan kepentingan-kepentingan yang uda ga make musyawarah and langsung nyerang. bukannya saya menghujat para gerilyawan dalam keluarga (nusuk dari belakang) bahkan sampe ada yang mbawa-mbawa dosen (gosipnya gitu). musyawarah dulu dong, kok langsung nyari masa (aku sempet di ajakin juga lho mas, dirangkul, disayang-sayang bahkan diperebutkan kedua belah pihak). tapi….
    mungkin juga, dengan adanya pergunjinan seperti ini, periode kekuasaan dalam keluarga KmaN yang akan datang akan lebih sarat akan perebutan kekuasaan kepala keluarga. coba deh sebelum kita melangkah… pejamkan mata sejenak, bayangkan sosok keluarga idaman yang kita inginkan….
    masi kita wujudkan impian itu….

    amien…

  14. saya g bisa comment banyak cz saya bkn orang dalem kman. g tau apa bener ktua kman kta otoriter? yg saya liat selama ini kman sudah baek, mw ngadain semnas yang nglibatin smua angktn. yang saya g ngerti ttg perekrutan kadiv kman n org2 di dlmnya gmana. saya kok ndak tau y? pgn aktif d kman tp gmana caranya?
    yg ptg mga kman tetap baik2 aj n mguntungkan bagi smua pihak.

  15. assalamualaikum Wr Wb
    met tahun baru ya mas….
    Maaf kalau coment saya sedikit
    saya kira ketua KMAN saat ini tidak otoriter. Malah menurut saya ketua KMAN sebelum ini yang otoriter . Saya mengatakan ini karena saya mengenal ketua KMAN sekarang ( mantan kakak kelas waktu SMA ) . Malah saat ini di KMAN lebih demokrasi dalam memecahkan masalah dan membuat suatu rencana kerja

  16. assalamualaikum Wr Wb
    maaf mas..
    kelupaan
    kalau masalah diubahnya nama korps ke keluarga hal ini menurut ketua KMAN sendiri pada saat awal menginjak UGM hal ini disebabkan karena jika nama diubah menjadi keluarga , diharapkan akan tercipta suatu rasa kekeluargaan antar anggota KMAN jadi tiap – tiap anggota akan merasa berada dalam uatu lingkup kekeluargaan seperti keluarga mereka sendiri . Dengan begitu akan tercipta suatu hubungan harmonis antar anggota.
    Kalau masalah bagaimana cara memimpinnya , hal itu tergantung pada faktor pembentuk sifat kepemimpinan dari individu tersebut . Kadang sifat pemimpin ada yang merupakan sifat turunan dari orang tuanya , kadang terbentuk dari bagaimana situasi politik dinegara itu yang nantinya membuat individu tersebut memiliki sifat kekepimpinan yang lain

  17. “solidarity forever 100x..”
    “union AN strong..!!!”

    itu mars AN waktu ospek..
    KMAN sekarang udah ga bisa ngewujudin arti dan maksud lyric dari mars yg dinyanyiin bu Ambar Teguh waktu Ospek ntu..

    eh, pencipta mars itu siapa yah??

  18. Huehehehehe…

    Rame, ada yg pro, ada yg kontra, ada yg apatis, ada yg proaktif, ada yg mempertahankan, ada yg menolak, ada yg cuman liat, ada yg cuman lewat, ada yg ga tau lg bahas apaan.

    Oke, memang kebiasaan dari dulu kalo yang namanya kman tuh ga jauh2 dari yang namanya debat kusir. Maksudnya, masing-masing mempertahankan pendapatnya dengan kuat dan tidak mudah untuk meneruma pendapat yang lain. Untung aja sekarang diskusinya pake online. Jadi kalo emosi paling2 yang dihajar komputernya.😀

  19. halo mas sorry baruikutan diskusi

    tentang kman ya,
    saya sih kurang respect ya ma kman soalnya saya ga ngrasain manfaatnya sama sekali, tapi ga papa lah …

    tentang masalah yang di hadapi kman skrg, saya sangat setuju dengan perubahan agar tidak ada lagi mhs an yang ga respect ma kman kya saya,
    jadi kman harus dipegang oleh seseorang yang aik, puinter, kreatif, berwibawa dan sedikit jujur ( jagn byk2 jujurnya ntar g kebagian hehe),
    selain itu kman harus jelas administrasinya, kya adart gt de, selama ini kman kan g ada adartnya, selain itu kegiatan disetiap sie nya harus jelas,

    yo wis mas gt aj aku tak friendsteran dulu hehe
    tetep sehat, tetep semangat biar bisa jadi asdos lagi hahahahaha

  20. Permisi mas..numpang lewat…

    Kalo saya m setuju KMAN dirombak karena menurut saya KMAN kurang bisa mewadahi kegiatan mahasiswa.Sebagai contoh:pada turnamen futsal UGM kemaren hampir sebagian skuad timnas Fisipol adalah anak AN yang bikin saya kesal kekalahan Qt di 16 besar dilakukan kerana anak diluar AN
    .Bercermin dari itu alangkah lebih baiknya jika ada even seperti itu KMAN bisa mewadahi bahkan mungkin mengadakan kegiatan ekstra futsal.hal ini akan lebih memberdayakan sumber daya anak2 AN.lebih2 lg mengharumkan nama AN,,Ke depan saya harap KMAN mampu memfasilitasi segala kegiatan mahasiswa karena jujur saya melihat di AN memiliki banyak talenta2 muda yang bisa dikembangkan di semua bidang

  21. eduh, maaf mas teLat bgT, barU ngeLiat ada diskusi 8 nih..! kacau..

    KMAN y?
    hm, klo mnrut saya sih KMAN skrg cenderung kaku dan monoton, sehinga jika kita lihat kenyataanya, KMAN sendiri beLum menyumbangkan peRan serta/sumbangsihnya terhadap FISIPOL, jurusan lain yg di FISIPOL uda pada nyumbang sebuah kebanggaan tuh, contohnya HI uda ikut peran serta dalam ulang tahun ASEAN, bukannya itu jdi nilai lebih dalam FISIPOL? Lalu AN kemana?? NOL… (statement didukung salah satu dosen Loh..)

    KMAN skr harusnya lebih bisa terbuka terhadap perkembangan yg ada, tdk cuma hanya mengandalkan rencana” yg terkesan semu, justru masyarakat AN sendiri tdk merasakan manfaat dari rencana/ program” yg telah dibuat, bukankah umumnya masyarakat ingin melihat suatu hasil kerja yg tampak?

    seLain itu, senada dengan kawan” lainnya, KMAN dalam bidang olahraga dpt kita lihat justru tdk ada dukungan dari KMAN itu sendiri, kenyataannya.. AN memiliki banyak mahasiswa yg memiliki bakat dalam bidang olahraga, tetapi KMAN saat ini justru tdk melihat hal itu, dan tdk ada upaya untuk menanpung permasalahan ini..

    walaupun tdk harus dirombak , tetapi paling tidak seharusnya KMAN jangan bersifat kaku dan monoton yg hanya memfokuskan pada bidang akademik saja, tetapi bidang lain yg justru lebih kental di dalam AN, olahraga contohnya..

    begitulah pendapat saya yg telat mengisi Diskusi Delapan ini, mohon maaf..hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s