Sederhana Tapi Mengena


Sebuah proposal penelitian selalu mengandung Rumusan Masalah. Dalam Rumusan Masalah inilah dapat diketahui apa sebenarnya yang akan diteliti. Selain itu, pola pemikiran peneliti juga dituangkan dalam Rumusan Masalah ini.

Rumusan masalah ini selalu terlihat dalam satu kalimat saja. Memang dalam beberapa kuliah dinyatakan bahwa Rumusan Masalah ini dijelaskan dengan berbagai macam pertanyaan penelitian. Tidak salah memang jika dijabarkan lagi dalam pertanyaan penelitian. Namun jika menuliskan pertanyaan penelitian, jangan lupa sebelumnya untuk menuliskan Rumusan Masalahnya.

Bedanya Rumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian adalah di keluasan atau kedalamannya. Rumusan Masalah memberikan definisi permasalahan yang akan diteliti. Sementara Pertanyaan Penelitian ditujukan untuk menunjukkan atau merupakan indikator masalah yang diteliti.

Rumusan Masalah sebaiknya merupakan pernyataan yang sederhana, namun mengena. Artinya, Rumusan Masalah itu mudah dipahami, namun menunjukkan urgensi permasalahan untuk diteliti.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

2 thoughts on “Sederhana Tapi Mengena

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s