Persiapan ST


Meneruskan apa yang telah dimulai disini, maka sekarang akan saya bongkar persiapan yang diperlukan untuk menjadi solo tourer. Persiapan sangat penting mengingat Anda tidak akan dapat mengandalkan bro lainnya di luar kota. Semua tergantung kepada Anda. Maka mau tidak mau, persiapan yang lengkap harus dilakukan.

Persiapan menjadi solo tourer ini sangat ringan dan dapat dilakukan bro semua. Masa persiapan ini tergantung pada jarak tempuh yang akan dilakukan, tapi biasanya kalau saya sendiri melakukan persiapan sehari sebelumnya. Biar siap pada pagi harinya.  Persiapan yang perlu dilakukan adalah:

  1. Cek ringan kendaraan. Berkisar pada cek kilometer, keadaan ban, oli, kekencangan baut (pada variasi), lampu, dan rem.
  2. Bila sudah cek ringan ternyata perlu dibawa ke bengkel langsung ke bengkel bro. Perlu diperkirakan juga bila ternyata ganti oli tinggal sekitar 30 km, mending langsung ganti dulu aja bro. Siapa tahu ketemu bengkel baru di kilometer 160 bisa kepayahan tuh bro.:mrgreen:
  3. Cek alat safety, baik pada motor maupun yang dikenakan. Cek helm, googles/kacamata, sarung tangan, jaket, boot, jas hujan, spion, lampu sein, lampu rem, lampu depan, dan rem. Untuk beberapa kota sudah menerapkan dobel spion besar bro. Jadi buat yang masih pake spion sebelah dan kecil buruan ganti.
  4. Cek perlengkapan pribadi yang akan dibawa. Gak akan dirinci karena tiap orang berbeda.😀
  5. Cek dompet. Penting bro. Kita kan gamau udah setengah jalan harus dorong karena keabisan bensin.:mrgreen:
  6. Cek kenyamanan dan respon kendaraan. Kalau dari bengkel yang langganan pasti udah tahu yang kita mau. Tapi kalau bro suka safari bengkel, yang ini harus dilakukan. Respon harus sesuai dengan kebiasaan kita lho bro. Buat antisipasi di tikungan dan tanjakan.
  7. Tidur yang cukup. Biar ga ketiduran pas lagi jalan. Obat bagus buat kerja reflek.:mrgreen:

Itu dulu ya bro. Kalau bro semua mau nambahin boleh kok. Salam.

3 thoughts on “Persiapan ST

  1. Ping balik: Tips Perjalanan Jauh « Abasosay’s Weblog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s