Tips Perjalanan Jauh


Kemarin sudah menulis masalah persiapan bagi yang ingin melakukan solo touring. Nah yang persiapan kan cuman dikit tuh. Sekarang lagi pingin nulis masalah perjalanannya. Tips masalah perjalanan jarak jauh maksudnya tips waktu melakukan perjalanan jauh sendirian. Kalau touring barengan mah lebih bisa nyantai kali ya. Kecuali buat leadernya dan sweepernya harus hapal jalan. Kan ga mungkin dong punya leader malah ngajakin tersesat dan sweeper yang juga tersesat.:mrgreen:

Setelah persiapan semua siap, perlu ada final check pada saat akan berangkat. Lebih baik periksa lagi sebelum bermasalah di jalan. Bukan begitu? Setelah semuanya diperiksa, maka langkah berikutnya adalah berdoa. Mohon perlindungan pada Allah SWT, diberi kemudahan dan kelancaran dalam melakukan perjalanan. Amien.

Pastikan rumah ada yang mengawasi bro. Jangan sampai waktu asik touring malah isi rumah dikuras. :mrgreen:  Bercanda aja. No offense.

Perhatikan dan patuhi peraturan lalu lintas ketika sedang melakukan perjalanan. Jangan sampai bro harus berurusan dengan polisi. Ingat, bro jauh dari rumah. Kalau menurut aturan yang berlaku, batas kecepatan maksimal kendaraan bermotor di dalam kota adalah 60 km/jam. Sementara batas kecepatan maksimal kendaraan bermotor di luar kota adalah 80 km/jam. Memang sih, saat ini gw belum pernah melihat orang yang melanggar batas kecepatan ini ditilang. Tapi lebih baik membiasakan diri sebelum beneran ditilang. Betul begitu? Itu salah satunya.

Perhatikan jalan dan persimpangan. Jangan hanya memperhatikan bro. Tapi juga perlu diingat. Siapa tahu bro semua ingin kembali melalui jalan yang sama, itu akan berguna. Kalau sedang di dalam kota, coba pahami suatu jalan. Lewati hingga persimpangan berikutnya, kemudian kembali lagi, lalu putar dengan jalan yang lain. Suatu saat, akan tercetak peta dalam ingatan bro semua yang bida menghubungkan dan memudahkan dalam perjalanan.

Perhatikan dan berhati-hati dengan tikungan di luar kota. Terlebih bila baru pertama kali melalui jalan itu. Ditambah jika jalan yang dilalui itu didampingi jurang dan tebing. Kalau gw sendiri sih hanya main jarak pandang bro. Kalau kira-kira masih kelihatan sejauh 1 km, ya pentokin batas kecepatan. Kalau kurang dari itu lebih waspada. Kalau di bawah 350 m, ya jangan coba-coba.:mrgreen:

Sementara itu dulu ya. Berhubung ada yang penting harus dikerjakan, tulisan ini nanti disambung.

[bersambung]

One thought on “Tips Perjalanan Jauh

  1. Ping balik: Berkendara dalam kota « Abasosay’s Weblog

Komentar ditutup.