Refleksi


Kemarin sempat posting masalah lembur yang kacau balau. Kalau kemarin sudah direncanakan dengan beban yang lumayan sedikit karena terhitung sebagai cicilan saja, malam ini jadi lebih parah. Sepanjang sore tadi berburu blog seorang teman yang sudah lama tidak saya kunjungi. Kangen sama tulisan-tulisannya sih.:mrgreen:

Kabar terakhir sih beliau menutup blognya dari konsumsi publik. Itu terjadi sekitar akhir tahun kemarin. Tadi sore dengan sedikit terkaget-kaget, karena berhasil buka blognya, lalu melakukan review ulang pada tulisan-tulisan sebelumnya. Inspirational kalau boleh dibilang begitu. Yang pasti, dimasa kritisnya beliau masih sempat meluangkan sedikit waktunya untuk menulis di blog.

Blog tersebut berisi sebagian besar kisahnya dalam melalui masa kritis. Terasa dalam memang. Namun ada yang menggelitik untuk diulas dari sudut pandang yang lan. Bagi saya, blog beliau merupakan tempat untuk bercermin bagi saya. Karena ketika di saat kritis, kita saya juga akan berpikir seperti beliau. Sabar, tabah menghadapi cobaan, berbagi dengan sahabat, berbuat baik bagi orang lain, dan yang paling penting meningkatkan ibadah.

Sayangnya, kita saya akan berpikir demikian ketika kita saya mengetahui kapan akan dipanggil menghadap Sang Khalik. Lalu bagaimana bila sama sekali tidak mengetahui waktunya? Apakah akan berpikiran seperti itu juga? Bagi saya sendiri, saya akan berusaha. Karena dulu ketika saya dilahirkan di dunia ini, saya menangis, dan orang di sekitar saya tersenyum dan tertawa. Saya ingin khusnul khatimah nantinya dimana saya terbaring kaku dengan bibir yang tersenyum, dan orang di sekitar saya menangis kehilangan.

Ingin sekali menghindari saat terbaring kaku yang terjadi dengan susah payah, dan orang-orang di sekitar tertawa dengan kepergian saya. Naudzubillahimindzalik. Meninggal dengan suul khatimah. Meninggalkan jejak keburukan diri, kejahatan, dan kebobrokan. Naudzubillahimindzalik.

Kabar terakhir yang saya baca di blog beliau salah satunya adalah beliau sedang beristirahat. Yah, saya doakan lekas sehat dan menulis lagi. Salah satu impian beliau adalah menulis buku yang sekarang sepertinya terhenti. Kapan bukunya terbit ya.:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

