Bermain TOWS


Dunia bisnis mengenal yang dinamakan TOWS. TOWS ini digunakan untuk menentukan strategi perusahaan ke depan dalam menghadapi persaingan. Biasanya seperti itu. Dalam TOWS dapat diketahui apa saja yang mungkin dihadapi, berkaitan dengan peluang dan ancaman terhadap bisnis. Selain itu, bisnis juga dapat mengetahui apa saja yang dapat menjadi titik lemah dan kekuatan dalam melakukan persaingan.

TOWS juga dapat dilakukan secara mandiri. Digunakan sebagai alat introspeksi diri, TOWS dapat memperkirakan keberhasilan di masa yang akan datang. Setelah melakukan TOWS ini perlu dilakukan langkah-langkah mengkombinasikan antara kekuatan, kelemahan, ancaman, dan peluang. Dari berbagai kombinasi yang ada, dapat digunakan salah satu untuk menentukan pilihan strategi.

Dimulai dari langkah-langkah TOWS, berikut akan diuraikan TOWS yang dapat digunakan untuk melakukan pemilihan jurusan, sub-jurusan, atau konsentrasi jurusan. Berbeda-beda istilahnya untuk semua universitas atau fakultas, tapi pada intinya sama saja.

1. Thread (ancaman)

Dalam melakukan pilihan jurusan, perlu dimasukkan ancaman-ancaman jurusan di masa mendatang termasuk mengenai pesaing lulusan, materi kuliah, kuliah praktek, tingkat kesulitan lulus, dan sebagainya.

2. Opportunity (peluang)

Sebuah jurusan dipilih memiliki alasan masing-masing. Perlu dimasukkan mudahnya jurusan mencari pekerjaan (untuk yang job minded), mudahnya nilai A, mudah untuk lulus, dan sebagainya.

3. Weakness (kelemahan)

Kelemahan yang dimasukkan adalah kelemahan pribadi. Jujurlah pada tahap ini. Karena nantinya digunakan untuk menentukan pilihan. Kesalahan dalam menentukan pilihan dapat berarti kegagalan seumur hidup. Misalnya dimasukkan sering pusing dengan angka, sulit menghubungkan garis, tidak berani melihat darah, dan seterusnya.

4. Strength (kekuatan)

Kekuatan yang dimasukkan jangan berlebihan. Masukkan yang sungguh-sungguh dikuasai. Ini juga berpengaruh terhadap pilihan. Misalnya dimasukkan suka logika, suka analisa, suka bicara, dan sebagainya.

Setelah semuanya dirinci dengan baik dan diurutkan dari yang termudah hingga tersulit, langkah berikutnya adalah dengan mengkombinasikan semuanya. Setelah itu dapat terlihat pilihan yang memiliki ancaman terkecil, peluang terbesar, kekuatan terbesar, dan kelemahan yang terkecil. Bisa dicoba untuk menentukan pilihan jurusan. Selamat mencoba.:mrgreen:

Terinpirasi dari:

Ardian Eko, Bingung sub jurusan

Budi Hartono, The Journey of Young Engineers

Arry Akhmad Arman, Bingung memilih program studi atau sub-jurusan

Bagus, Vakum seminggu

3 thoughts on “Bermain TOWS

  1. Ping balik: Akibat Golput « Abasosay's Weblog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s