Sudah unlock lagi


Baru saja saya terkejut dan langsung cek situs-situs yang kemarin sempat saya keluhkan di Memilih ulang ISP. Ternyata beritanya ada di detikinet. Langsung buka situs saya yang di eMPi deh. Ternyata pemboikotan situs tersebut berpengaruh banyak terhadap posting yang dilakukan penggunanya. Selama pemboikotan berlangsung, hanya ada beberapa orang yang bisa melakukan posting. Sementara sisanya? Entah, oh, entah.

Kebetulan tadi baru buka-buka situsnya dorion55 tentang anakonda yang makan buaya. Awalnya saya mengira itu adalah foto. Sambil menunggu loading, seperti biasa saya cek e-mail. Begitu selesai cek e-mail saya kembali lagi kesana dan ternyata itu adalah video dari youtube. Sudah load juga. Langsung saya meluncur ke eMPi.

Bila membaca berita di detikinet, ada proses pendewasaan yang terjadi di sana. ISP dan NAP bersepakat bahwa melakukan blokir seluruh situs dengan content ‘Fitna’ tidak efektif. Seperti dilansir detikinet.

Upaya memblokir seluruh film ‘Fitna’ di internet dengan cara memblokir situs dan blog dinilai tidak efektif. Untuk itulah, para penyedia layanan internet (ISP) dan penyelenggara jasa Network Access Provider (NAP) sepakat untuk menutup situs dan URL terpopuler yang mengandung film ‘Fitna’ saja.

Kalau memang bisa melakukan blokir atas URL, walaupun merepotkan, hasilnya mungkin lebih baik. Yang pasti konsumen tidak merasa dirugikan dengan pemblokiran URL tersebut. Resiko pelayanan pelanggan kalau dapat dikatakan begitu. Sebab jika pelanggan merasa dirugikan, bisa jadi pelanggan yang kecewa tidak akan merekomendasikan layanan kepada calon pelanggan baru. Lebih parah lagi bila pemboikotan dibalas dengan pemboikotan. Misalnya, pelanggan yang kecewa melarang calon pelanggan prospektif untuk menggunakan layanan yang mengecewakan. Skenario yang tidak terbayangkan.

Mari introspeksi

Update:

Info: Pak Arry Akhmad Arman

3 thoughts on “Sudah unlock lagi

  1. Ping balik: Youtube » Sudah unlock lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s