Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa DIY


Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa atau yang biasa disebut sebagai PSPB mungkin sekarang dianggap sebagai pelajaran jaman dulu. Saya mendapat pelajaran PSPB ketika saya masih SD. Saya kurang tahu mengenai pelajaran jaman sekarang masih ada PSPB atau tidak. Namun masih lekat dalam ingatan saya beberapa isi dari pelajaran tesebut.

PSPB mempelajari sejarah perjuangan bangsa (seperti terlihat dalam judulnya) secara khusus dan detail mengenai sejarah bangsa Indonesia. Sebagian besar isinya adalah mengenai kisah kepahlawanan semenjak jaman kerajaan hingga pengiriman tim Garuda IV (yang ini lupa-lupa ingat). Di dalamnya juga ada sejarah mengenai pembentukan negara dan wilayah yang ada di dalamnya.

Salah satu yang masih melekat dalam ingatan adalah mengenai pembentukan propinsi DIY dan mengenai struktur kepemimpinannya. Juga dibahas mengenai sebab-musabab mengapa Yogyakarta adalah Istimewa. Selain propinsi ini masih memiliki struktur kerajaan yang kuat, juga sempat menjadi ibukota negara. Selain itu, kisah kepahlawanan yang menggemparkan dunia juga terjadi di Yogyakarta dengan Serangan Oemoem Satoe Maret-nya.

Struktur kepemimpinan propinsi yang juga diatur dalam undang-undang serta ketetapan-ketetapan memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan daerah lainnya. Adanya Sultan dan Paku Alam tidak dapat dipisahkan dari Keistimewaan Yogyakarta. Sistem pemilihan kepala daerah atau Gubernur DIY telah pula ditetapkan dalam undang-undang dan ketetapan-ketetapan tersebut. Dengan adanya Sultan dan Paku Alam, maka salah satu akan menjadi Gubernur tanpa pemilihan. Lebih diutamakan Sultan sebagai Gubernur, namun bila berhalangan dapat digantikan oleh Paku Alam. Demikian seingat saya.

Berkaitan dengan gonjang-ganjing Pilkada DIY dan RUU Keistimewaan, akan lebih baik bila dikaitkan dengan sejarah dan mengacu pada peraturan yang telah ada. Bila memang Sultan tidak bersedia menjadi Gubernur, maka yang otomatis diangkat adalah Paku Alam. Bila Paku Alam juga berhalangan, maka orang yang ditunjuk oleh Sultan yang berhak menjadi Gubernur.

Ini hanya tumpahan uneg-uneg yang mengganjal di otak saya. Bila ada saran yang lain dapat didiskusikan juga di sini.

2 thoughts on “Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa DIY

Komentar ditutup.