Statistik Pilkadus


Pilkadus yang berlangsung kali ini cukup ramai. Selain ramai dengan calon yang bersemangat melakukan kampanye, baik yang standar maupun curi start:mrgreen: , juga ramai ketika dilakukan penghitungan suara. Banyak ditemui surat suara yang rusak juga menyemarakkan suasana penghitungannya.

Beberapa sebab munculnya Golput telah diungkapkan dalam posting Mengapa Memilih Golput. Namun sebelum melakukan posting mengenai solusi menghindari Golput, maka sekarang diposting mengenai statistik penghitungannya. Mengitung dan berurusan dengan statistik lagi rupanya. Yah, memang hidup ini sulit untuk tidak berstatistik.:mrgreen:

Proses penghitungan dimulai dengan membuka kotak suara. Seperti biasa, surat suara akan dikeluarkan satu per satu dari dalam kotak. Namun para saksi yang ingin terciptanya pemilihan yang jujur dan terbuka meminta untuk isi kotak suara ditumpahkan di atas meja terlebih dahulu sebelum dihitung.

Setelah surat suara ditumpahkan di atas meja, mulailah satu-persatu surat suara dibuka dan ditunjukkan kepada saksi yang hadir. Jarak yang cukup jauh rupanya membuat saksi yang hadir di lokasi penghitungan merasa kesulitan untuk meneliti surat suara atas kerusakan atau kesalahan penghitung. Lalu sebagian saksi memaksa untuk memperpendek jarak antara penghitung dan saksi yang tentu saja ditolak oleh keamanan.

Hingga penghitungan selesai, tercatat bahwa Durian mendapatkan 125 suara dari total 374 pemilih sah. Sementara Salak mendapatkan 134 suara dari total 374 pemilih sah. Dan Jeruk mendapatkan 115 suara dari total 374 pemilih sah. Sementara sisanya sebanyak 126 suara dinyatakan tidak sah karena rusak. Berarti pemilih yang datang ke tempat pemilihan sebanyak 500 pemilih. Sementara dalam daftar pemilih sendiri terdapat 847 pemilih. Berarti sebanyak 347 pemilih tidak mendatangi tempat pemilihan. Perhitungannya mulai memusingkan.:mrgreen:

Perhitungannya demikian:

Durian 125 suara dari 374 pemilih sah atau 500 pemilih yang hadir atau 847 pemilih terdaftar. Ini berarti Durian mendapatkan 33,42% suara sah atau 25% suara hadir atau 14,76% suara terdaftar.

Salak 134 suara dari 374 pemilih sah atau 500 pemilih yang hadir atau 847 pemilih terdaftar. Ini berarti Salak mendapatkan 35,83% suara sah atau 26,8% suara hadir atau 15,82% suara terdaftar.

Jeruk 115 suara dari 374 pemilih sah atau 500 pemilih yang hadir atau 847 pemilih terdaftar. Ini berarti Jeruk mendapatkan 30,75% suara sah atau 23% suara hadir atau 13,58% suara terdaftar.

Suara rusak 126 dari 500 pemilih yang hadir atau 847 pemilih terdaftar. Ini berarti suara rusak mendapatkan 25,2% suara hadir atau 14,88% suara terdaftar.

Suara tidak datang 347 pemilih dari 847 pemilih terdaftar. Ini berarti suara yang tidak mendatangi tempat pemilihan sebanyak 40,97% pemilih terdaftar.

Bila diperhitungkan dari jumlah pemilih terdaftar maka yang tidak hadir jelas memenangkan pemilihan. Tapi apa yang dimenangkan? Tidak ada. Bila suara rusak dan yang tidak hadir dimasukkan dalam Golput, maka 14,88% ditambah dengan 40,97% menjadi 55,85%. Yang memenangkan pemilihan adalah Golput. Apakah seharusnya diulang?

Sayangnya pemilihan di dusun saya tidak mengakomodasi suara Golput. Yang diperhitungkan adalah suara yang sah. Jadi pemilihan di dusun dimenangkan oleh Salak. Apakah kemudian perlu mengakomodasi suara Golput dengan membentuk partai Golput tersendiri?:mrgreen: Ah, itu juga tidak mungkin.

Bagaimana pendapat Anda?

Disclaimer:

  1. Ini hanya sekedar perhitungan asal-asalan.
  2. Tidak ada tendensi untuk menjelek-jelekkan pihak tertentu.
  3. Tidak ada maksud untuk mengajak siapapun.
  4. Golput tidak memberikan solusi.
  5. Ini hanya hasil pemikiran iseng semata.

One thought on “Statistik Pilkadus

  1. Ping balik: Akibat Golput « Abasosay's Weblog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s