Obrolan Setelah Rapat


Tadi pagi rapat bersama big boss dan para peneliti yang lain. Pada intinya rapat pagi tadi hanya membahas mengenai kebutuhan penelitian berikutnya. Rapatnya sendiri berjalan tidak lebih dari 45 menit. Rapat yang singkat, padat dan jelas. Seperti biasa, dimulai langsung pada pokok permasalahannya, melontarkan alternatif-alternatif solusi, dan mengambil beberapa kesimpulan. Simpel sekali.:mrgreen:

Yang seru malah obrolan setelah rapat itu. Karena dirasakan masih berkaitan dengan tema penelitiannya, maka salah satu dari peneliti, Mr. Ghoffar, melontarkan pemikiran beliau mengenai pendidikan di Indonesia. Kemudian ditanggapi dengan seru oleh Mr. Agus, Mr. Erwan, dan Mr. Wahyudi. Sementara saya sendiri masih disibukkan dengan time schedule.😈

Sambil menguping pembicaraan beliau-beliau, saya berusaha menyimpulkan bahwa ada kekhawatiran berkaitan dengan masa depan pendidikan yang akan berakibat besar terhadap masa depan bangsa. Salah satu yang sempat terekam adalah berkaitan dengan UAN dan bocorannya. Kekhawatiran yang muncul adalah di masa yang akan datang mungkin terjadi korupsi akan merajalela karena sejak dini diajarkan untuk melakukan kecurangan-kecurangan.

Nilai yang menjadi standar kelulusan menjadi target yang harus dicapai. Tuntutan pencapaian ini tidak hanya diminta oleh para pengajar saja, namun juga oleh orangtua siswa. Hanya saja, karena siswa merasa kurang percaya diri dengan kemampuannya, maka seringali segala cara dilakukan untuk mencapai nilai yang ditentukan. Termasuk dengan cara yang curang misalnya mencontek dan mencari bocoran soal.

Bila kondisi ini terus menerus dijadikan kebiasaan, nantinya generasi muda akan menganggap ‘curang’ adalah hal yang lumrah dan diperbolehkan. Dengan dalih agar tercapai nilai yang diinginkan, maka berbagai macam kecurangan akan bermunculan.

Sempat disinggung juga bahwa ini berkaitan dengan etika. Etika belajar dan ujian yang seharusnya jujur, seringkali dilanggar dengan alasan nilai yang tinggi. Hanya saja apakah ini dibenarkan? Lalu bagaimana dengan masa depan pendidikan dan bangsa jika hal ini dianggap sah?

One thought on “Obrolan Setelah Rapat

  1. Ping balik: Etika Berkendara « Abasosay’s Weblog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s