Panjang Pendek Posting


Masih dalam seri tips posting blog. Masih gangguin mas Fatih dengan trekbek. Masih juga copas dari blog mas Fatih.đŸ˜ˆ

Kali ini mengulas masalah panjang dan pendeknya tulisan yang akan dimasukkan dalam blog. Apakah selalu tulisan yang panjang itu banyak dibaca atau malah posting yang pendek saja yang menjadi favorit. Ini juga menjadi masalah ketika budaya membaca belum mengakar dalam diri masing-masing. Pasti ada yang betah membaca novel berlama-lama, ada juga yang lebih suka membaca cerpen. Akan lebih baik bila keduanya diakomodasi tentunya.

Bagi saya sendiri yang terbiasa berbicara to the point atau langsung pada inti permasalahan, akan sangat sulit untuk membuat posting yang panjang lebar. Walaupun dalam posting yang beberapa waktu lalu panjangnya membuat saya sendiri ternganga.:mrgreen:

Berikut copas dari mas Fatih.

Ok, karena budaya ngeblog ini bersumber dari Barat (baca, Amerika), tak ada salahnya kita berasumsi bahwa merekalah yang menentukan standar panjang pendek tulisan di blog. Untuk itu, mari kita lihat contoh beberapa blog terkenal Amerika di bawah:

1. Juan Cole, dia adalah professor politik di sebuah universitas di AS. Rata-rata menulis dari satu artikel setiap hari. Tulisannya rata-rata panjang sekitar 700 sampai 1000 kata. Tulisannya serius dan sangat berbobot. Trafficnya luar biasa, sekitar 100.000-an per hari.

2. Instapundit: ditulis oleh Glen Reynold seorang professor perguruan tinggi di AS dan kolumnis untuk majalah Newsweek. Ia mengklaim dirinya sebagai the grand daddy of political blog. Professor ganteng mirip Richard Gere ini juga menulis di blognya lebih dari satu tulisan setiap harinya. Tulisannya pendek-pendek, sekitar satu atau dua paragraf. Biasanya tulisannya hanya memberi tautan banyak link ke tulisan orang lain plus sedikit komentar dari dia sendiri. Unique visitornya sekitar 150.000-an perhari. Itu artinya, tulisan pendek pun tidak mengurangi nilai atau bobot suatu blog. Yang penting, seberapa besar pengunjung dapat mengambil keuntungan dengan membaca tulisan kita.

Kesimpulan, tulisan pendek atau panjang tidak masalah. Yang penting, ada hal baru yang kita tawarkan dari tulisan tersebut yang dapat bermanfaat bagi pengunjung. Kita tentu maklum, apa gunanya saya mengunjungi blog Anda, atau Anda mengunjungi blog saya, kalau tidak ada hal manfaat yang bisa kita ambil, bukan? Dan yang tak kalah penting, ngeblog dengan teratur. Semakin sering dan teratur semakin baik. Idealnya sehari satu posting. Kalau tidak, seminggu tiga atau dua kali. Yang penting jadwal teratur.

Yup. Jelas sudah diulas oleh mas Fatih secara lengkap. Kalau saya memang tiap hari mempunyai akses ke blog, namun tidak setiap hari menemukan ide untuk menulis yang panjang-panjang. Kadang ada tulisan saya yang hanya beberapa kata saja. Tulisan yang mana akan menjadi bahan bacaan adalah sepenuhnya terserah kepada pembacanya.

Hal baru akan selalu muncul ketika menulis untuk blog, karena setiap tulisan dalam blog mewakili pemikiran masing-masing pemilik blog. Kebiasaan buruk saya yang lain adalah menulis borongan. Maksudnya adalah sekali punya niat untuk menulis langsung menulis beberapa macam posting yang berbeda. Ini juga bukan menjadi masalah yang besar. Pembaca akan memiliki lebih banyak pilihan dalam membaca.

Selamat mencoba.

4 thoughts on “Panjang Pendek Posting

  1. Menulis borongan?
    Klau lg semangat nulis,semangaaat bangetz. Kalau lagi males nulis, maleees banget. Apakah sperti itu? Kalau iya,sama dong kayak aku nih.

    abasosay: iya. Persis. Makanya ini lagi berusaha rutin bikin tulisan

  2. the ultimate summer jams various artists nu flow disco giants various artists the rhythm of the jungle 1981 promo only rhythm radio november various artists pop bottles hairspray ost it takes two jonas brothers jonas brothers just friends mp3 music video download enter sandman metallica enter sandman mumbling yeah kabale und liebe and daniel sanchez mumbling yeah sweetest girl featuring akon lil wayne and niia wyclef jean sweetest girl vacaciones en cile ilario alicante vacaciones en cile im not dead pink stupid girls

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s