Kulitnya atau Isinya


Dalam keseharian, seringkali ditemui masalah ‘kulit dan isi’. Banyak sekali hal yang bisa dibahas berkaitan dengan ‘kulit dan isi’. Kulit lebih banyak berkaitan dengan penampilan pertama, atau penampilan luar saja. Namun isi lebih berkaitan dengan kualitas atau hasilnya.

Permasalahan ‘kulit dan isi’ ini akan lebih mudah dibahas bila dicontohkan dengan buah. Durian dan salak misalnya. Durian dan salak dengan kulit luarnya yang keras dan berduri ini tidak sedikit orang yang menyukainya. Yang mereka cari adalah isi buahnya. Mereka rela sedikit-demi sedikit menggigit daging buah untuk dapat menemukan isinya.😈

Berbeda dengan ketika melihat orang lain. Yang lebih sering diperhatikan adalah penampilan luarnya. Padahal tidak menutup kemungkinan bahwa kualitas orang dengan penampilan yang biasa-biasa saja memiliki kualitas yang jauh melebihi orang berpenampilan yang jauh lebih baik.

Seringkali saya temui dalam pembuatan laporan, digunakan cover yang menarik dan sangat bagus. Namun ketika membuka dan membacanya, ternyata hanya membahas kulit dari pemasalahan yang ditemui. Kedalaman pembahasan tidak mencapai pada apa yang menjadi rumusan masalahnya.

Tidak jarang alasan keterbatasan waktu menjadi senjata andalan ketika ditanyakan sebabnya. Bagi peneliti, akan jauh lebih baik hasilnya bila menggambarkan hasil yang akan dituju ketika akan merumuskan masalah. Dengan demikian, pembahasan tidak akan melebar dan dapat menggambarkan rumusan masalah sesuai dengan hasil yang akan diharapkan.

Keterbukaan dengan pendapat dari luar juga memiliki nilai positif dan negatif terhadap proses penelitian. Positif bila memberikan kontribusi yang sejalan dan menambah kedalaman pembahasan. Negatif bila meluas dan memiliki potensi membelokkan pembahasan.

Sejauh mana dan sedalam apa sebuah masalah dibahas, menunjukkan kualitas penelitinya serta penelitiannya. Bagi pembuat kebijakan, kedalaman sebuah penelitian dapat meminimalisir penolakan. Ini merupakan keuntungan bagi pembuat kebijakan. Karena tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan yang lebih besar untuk memperbaiki kebijakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s