Tips: Menambahkan Tag “More”


Sekitar dua minggu yang lalu, seorang kawan mengontak dan menanyakan perihal merapikan tampilan tulisan yang dipotong. Bagi saya sendiri sesungguhnya, menemukan hal itu juga tidak disengaja. Pada awalnya hanya karena memang keinginan menulis dan ditampilkan saja sehingga merasa tidak perlu menambahkan tag ini. Namun setelah tulisan mulai panjang dan mengamati tulisan ketika di beranda, saya sendiri merasa bahwa tampilan terlalu membosankan dan bertele-tele.

Panjang tulisan yang lebih dari tiga paragraf, dan tulisan yang ditampilkan pun lebih dari tiga artikel membuat beranda menjadi sangat membosankan. Sangat tidak direkomendasikan pada penulis yang cenderung memberikan tulisan analisis panjang lebar. Saya yakin tidak akan ada yang mau berkunjung kembali untuk membacanya walau sekilas.:mrgreen:

Tampilan blog yang tidak membosankan paling tidak memiliki kemudahan dan kecepatan dalam menampilkan informasinya. Salah satu caranya adalah dengan memberikan tag “more” agar tampilan beranda lebih ringkas dan rapi. Pemberian tag “more” ini sangat mudah dan editingnya juga sangat mudah untuk dilakukan. Langkah-langkah untuk merapikan tulisan adalah sebagai berikut:

1. Menentukan posisi tag

Penempatan posisi tag sesuai dengan selera masing-masing penulis. Bisa diletakkan pada paragraf kedua atau ketiga. Atau bahkan diletakkan di tengah paragraf. Biasanya saya melakukan ini pada paragraf ketiga setelah selesai melakukan penulisan. Seperti biasa, bahwa menulis merupakan kegiatan tersendiri, dan editing merupakan pekerjaan lain.:mrgreen:

2. Meletakkan tag pada posisi yang ditentukan

Setelah menemukan tempat yang sesuai dengan keinginan untuk meletakkan tag, tempatkan kursor (garis berkedip) di tempat yang diinginkan. Kemudian klik pada gambar “” (Sisipkan Tag) pada menu editing tulisan yang tersedia seperti pada gambar 1. Ketika terjadi kesalahan tempat atau merasa tidak sesuai, tag dapat dihapus dengan mudah dengan menggunakan tombol “Del” atau “Backspace” pada keyboard.

gambar 1

3. Melakukan editing pada tag

Begitu tag ditempatkan pada lokasi yang diinginkan, tag dapat diubah penampilan teksnya menjadi kalimat seterusnya atau kata lain yang menunjukkan bahwa untuk membaca selanjutnya dapat melakukan klik pada link. Caranya adalah dengan melakukan klik pada tab “HTML” untuk mengubah tampilan editing teks. Kemudian tambahkan tulisan yang diinginkan setelah tulisan “more” seperti dicontohkan dalam gambar 2.

gambar 2

Jika berhasil maka akan muncul tulisan seperti yang ditentukan dan tulisan akan dipotong tepat pada bagian yang ditentukan seperti ditunjukkan dalam gambar 3. Jangan lupa bahwa tag ini hanya akan muncul di halaman utama atau beranda.

gambar 3

Semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Tips: Menambahkan Tag “More”

  1. Ping balik: Tweets that mention Tips: Menambahkan Tag “More” « Abasosay’s Weblog -- Topsy.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s