Kala Gagasan Mengering


Kadang ketika sedang asyik menulis, kebuntuan ide tulisan mendadak muncul tak diundang. Struktur kalimat menjadi tak teratur, paragraf menjadi berulang dan berputar-putar tak tentu arahnya. Bila terjadi hal yang seperti ini, harus segera berhenti dari kegiatan utama dan menemukan hal lain yang menyenangkan. Got to kill the boredom.😈

Kegiatan pertama yang biasa aku lakukan bila menemui kebuntuan adalah bermain game. Yup. Game apapun itu. Mulai dari game yang mudah sembari pikiran melayang entah ke mana, hingga game yang rumit yang tidak memberi kesempatan sedetik pun untuk otak bisa berpikir ke lain hal. Nah, jika waktunya cukup dan beban tidak terlalu penuh, segera kembali lagi ke pekerjaan semula yakni mengetik.:mrgreen:

Bila game tidak mampu memancing ide, program grafis menjadi korban berikutnya.😈 Sebenarnya urutannya tidak harus seperti ini. Bisa jadi kebuntuan langsung ditangani dengan program grafis tidak harus melalui game terlebih dahulu. CorelDraw atau PhotoShop bisa menjadi sahabat yang menyenangkan dalam mencari jalan menembus kebuntuan.

Berikutnya adalah menulis dengan tema lain. Cara ini bisa menemukan sudut lain yang unik yang belum pernah dibahas sebelumnya. Hanya saja, tema yang ditulis di sini sebaiknya sama sekali berbeda bahkan tidak dalam satu rumpun. Misalnya, ketika sedang mengalami kebuntuan ketika menulis tentang motor, buatlah tulisan lain yang berhubungan dengan bunga. Sangat aneh?😈 Yup. Tulisan yang sama sekali berbeda akan membuat fokus gagasan tentang tulisan utama menjadi lebih segar dan pasti akan menjadi lebih lancar.:mrgreen:

Selanjutnya dengan cara berjalan-jalan ke luar dari ruangan tempat mengerjakan. Sebaiknya sambil membawa catatan sehingga bila mendadak muncul ide dapat segera terdokumentasi dan tidak hilang ditiup angin. Jika ide muncul ketika berkendara, segera menepi dan mencatatnya. Jangan menulis sambil mengendarai. Berbahaya bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.😈

Cara lainnya adalah dengan makan sesuatu yang bisa dimakan.😈 Hati-hati, cara ini bisa menyebabkan kegemukan. Secara, tumbuh itu ke samping.😆 Biasanya selalu menyediakan stok keripik kentang atau keripik jagung dan roti manis untuk dapat dikonsumsi saat mengalami kebuntuan. Tapi ketika saatnya buntu, stok itu sudah menghilang tanpa bekas.:mrgreen:

Bentuk lain pelampiasan kebuntuan adalah dengan membaca komik. Kok komik? Komik tidak berhubungan dengan tulisan utama. Jadi pikiran bisa lebih fresh ketika menghadapi tulisan utama. Banyak yang menyarankan baca saja yang ada kaitannya. Tapi buatku hal yang masih berkaitan hanya akan menambah kejenuhan saja.:mrgreen:

Banyak sekali cara-cara kreatif untuk membobol kebuntuan. Semua itu tergantung kreatifitas dan panjang pemikiran masing-masing.:mrgreen:

Jadi, jangan berhenti menulis walau mengalami satu atau dua kebuntuan.😈

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s