Membuang Bingkai Pemikiran


Ini bukan kerangka pikir yang ada dalam penelitian lho. Tapi ini adalah bingkai pemikiran yang membatasi gerak untuk berkembang menjadi lebih dan lebih lagi. Ada yang telah menyadari bingkai pemikiran ini, namun banyak yang tidak merasakan kehadiran bingkai ini, bahkan tidak pernah tahu bahwa gerak geriknya dibatasi dengan bingkai itu.

Bingkai pemikiran ini haruslah dihancurkan agar tidak ada batasan dalam berkembang. Batasan yang berlaku pada akhirnya adalah agama dan norma dalam masyarakat. Lihat saja bayi yang selalu berkembang tanpa ada bingkai pemikiran dan selalu diarahkan pada hal yang baik.

Seperti apakah contoh bingkai pemikiran yang perlu dibuang itu? Pernahkah Anda mendengar kawan Anda mengatakan “kuliah harus dengan IPK tinggi, lulus dengan predikat cum laude, setelah lulus akan menjadi pegawai, lalu mulai dengan membangun rumah sendiri, membeli mobil, dan sebagainya”? Lalu pernahkah Anda mendengar orangtua Anda, kakak Anda, saudara jauh Anda, dan banyak orang di sekitar Anda yang mengatakan sama seperti itu?

Pemikiran seperti itu membingkai gerak-gerik Anda sehingga Anda ikut berdesakan di loket pendaftaran pegawai. Bingkai pemikiran itu yang memaksa Anda untuk rela belajar lagi dan duduk di bangku ujian hanya untuk lolos tes. Walau Anda sendiri tahu bahwa uang tidak hanya dihasilkan dari menjadi pegawai, tapi Anda tidak sadar bahwa bingkai itu yang membatasi Anda dengan uang yang lebih besar.:mrgreen:

Ya. Menjadi wirausahawan dapat menghasilkan uang yang lebih banyak daripada menjadi pegawai. Pernahkah Anda mendengar seorang pegawai menjadi kaya raya tanpa melakukan korupsi? Atau, pernahkah Anda mendengar karyawan sebuah perusahaan sama kayanya dengan pemilik perusahaan? Jadi, mengapa tidak berpikir untuk menjadi wirausahawan saja?

Mulailah dari sekarang untuk mengikis bingkai pemikiran itu selapis demi selapis. Anda 20 tahun yang akan datang menjadi seperti yang tertulis di bingkai Anda atau Anda terkurung dalam bingkai seumur hidup tanpa ada perubahan yang berarti.😈

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s