Dat Stat


Sudah lama tidak ngupdate blog, buka blog saja tidak, bagaimana mau update.:mrgreen: Setiap membuka dashboard, selalu yang dituju adalah stats. Sebenarnya hanya ingin tahu saja berapa banyak yang membuka blog ini, dan apa saja yang mereka cari dalam blog ini. Ternyata hasilnya rata-rata sebanyak 20 orang mengakses blog ini setiap harinya. Cukup banyak untuk blog yang jarang update.:mrgreen:

Kemudian informasi berikutnya yang diperoleh adalah, sebagian besar pengunjung blog ini ternyata mencari tentang bagaimana membuat rumusan masalah. Mungkin sedang musim tugas membuat proposal. Atau mungkin sedang musim membuat skripsi?:mrgreen: Banyak kemungkinan, namun rumusan masalah memang merupakan bagian yang sangat penting dalam penelitian.

Tapi tulisan ini tidak akan membahas rumusan masalah lebih dalam. Namun hanya akan menunjukkan beberapa cara penyajian data statistik yang berada di sekitar WP. Atau statistik yang ada di sekitar kita yang sebenarnya selalu hadir dan ada dalam benak, namun tidak pernah mendapatkan perhatian khusus.

Frekuensi

frekuensi stat

Frekuensi

Bentuk frekuensi merupakan salah satu bentuk statistik yang paling banyak dipergunakan. Frekuensi selalu menunjukkan banyaknya populasi yang memilih pernyataan tertentu. Misalnya dalam gambar Frekuensi ditunjukkan bahwa topik “tutorial” mendapatkan perhatian sebanyak 84. Kemudian topik “perumusan masalah” dan “metode kuantitatif” mendapatkan perhatian sebanyak 83. Artinya sebanyak 84 orang memilih topik “tutorial”, dan 83 orang memilih topik “perumusan masalah” dan “metode kuantitatif”.

Yah, frekuensi memang hanya menunjukkan jumlah. Dalam contoh di atas, frekuensi menunjukkan jumlah klik pada topik tertentu. Dapat juga diasumsikan bahwa pertanyaannya adalah “topik apa yang diklik dalam blog ini?”

Frekuensi juga sering digunakan dalam iklan. Iklan menyebutkan bahwa “8 dari 10 wanita menggunakan merk tertentu.” Tentu saja dalam contoh ini pertanyaannya adalah “merk apa yang digunakan oleh wanita?”

Tabulasi Silang

grafik stat

Grafik Stat

Bentuk tabulasi silang ini merupakan penyajian frekuensi dengan cara yang berbeda. Dalam bentuk ini, data disajikan dengan menyilangkan kategori dengan kategori tertentu. Misalnya data tentang preferensi merk makanan tertentu dengan jenis kelamin. Maka akan diperoleh jumlah laki-laki dan perempuan lebih memilih merk x.

Yup, baru itu saja yang sempat ditemukan dan diketikkan. Mungkin nanti ada lagi tahap dua. Sekarang kembali lagi ke ketikan.:mrgreen:

3 thoughts on “Dat Stat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s