Usaha Kuliner Kala Ramadhan


Bulan Ramadhan adalah saat umat Islam menjalankan ibadah puasa wajib. Selama satu bulan penuh berpuasa dan beribadah sesuai tuntunan dalam agama. Berpuasa di bulan Ramadhan ini biasanya dilakukan mulai fajar hingga matahari terbenam. Sebelum fajar dan setelah matahari terbenam itulah, orang diijinkan untuk makan dan minum sepuasnya secukupnya.

Usaha kuliner, yang tentunya menyediakan makanan dan minuman, menemukan keunikan tersendiri ketika memasuki bulan Ramadhan. Di Indonesia, konsumen usaha kuliner sebagian besarnya adalah umat muslim. Mereka berpuasa selama satu bulan penuh, jelas terbayang bahwa pemasukan akan menurun. Namun, di bulan suci ini, pemasukan malah akan cenderung stabil. Kok bisa?

Pengalaman bergelut dengan dunia kuliner selama beberapa tahun telah mengajarkan kepada saya bahwa bulan Ramadhan tidak serta merta menjadikan pemasukan menurun. Kecenderungan yang terjadi, pemasukan menjadi semakin besar seiring berjalannya bulan Ramadhan. Tidak hanya di bulan tersebut, bahkan di bulan Syawal masih berlanjut.

Ketika masih bergelut dengan usaha kuliner, ada dua aturan yang saya letakkan jika bertemu dengan bulan Ramadhan:

  1. Pindah jam buka dari 09:00-22:00 menjadi 16:00-04:00. Jauh sebelum adanya rame-rame Perda Puasa. Tujuannya agar para PNS (Petugas Nganteurkeun Sangu) di jajaran warung makan kami bisa lebih berkonsentrasi dalam menjalankan ibadah puasa.
  2. Takjil gratis bagi seluruh pelanggan warung makan yang ada di warung tepat pada saat adzan berkumandang.

Pada prinsipnya, aturan tersebut diletakkan untuk menghormati kami para pengusaha kuliner dan langganan yang berpuasa. Untuk mereka yang tidak berpuasa? Mohon maaf, karena kami menghormati mereka yang tidak berpuasa, maka kami persilahkan untuk mencari makanan di tempat lainnya.

Namun, jam buka yang semacam itu pada akhirnya hanya memindahkan waktu persiapan saja. Ketika warung makan dibuka pukul 16:00, karena sistem yang kami bangun dengan mengutamakan bahan makanan yang segar, maka sekitar pukul 14:00 warung kami sudah melakukan persiapan. Kondisi luar biasa dapat terjadi apabila mendapat pesanan nasi kotak untuk acara buka bersama, persiapan dapat dilakukan mulai semenjak jam 06:00.

Tentu saja bila pesanan dibuat di warung yang besar dan luas, maka pintu utama tidak perlu kami buka. Namun jika pesanan dikerjakan di warung yang kecil, salah satu pintu otomatis harus dibuka agar lebih terang dan tidak pengap.

Jika ada pertanyaan atau ingin konsultasi bisnis, japri saja yak. Jangan lupa sertakan email yang valid.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s