Yang Lucu dari Ujian 001


Di manapun Anda berada, dalam waktu apapun Anda berada, selalu ada yang namanya ujian. Ujian itu dimaksudkan untuk mengetahui apakah Anda layak untuk naik tingkatan ataukah Anda harus mengulangi belajar materi yang sama hingga ujian berikutnya. Siap atau tidak siap, ujian akan selalu menghampiri karena hanya itulah satu-satunya cara untuk mengetahui sejauh mana kemampuan Anda.

Ujian pun ada bermacam cara. Ada yang menggunakan ujian secara lisan, ada yang menggunakan ujian tertulis, ada juga yang menggunakan ujian praktek. Salah satu materi yang diujikan adalah berupa analisis. Yang dinamakan analisis, tidak ada jawaban yang 100% benar, dan tidak ada jawaban yang 100% salah. Isikan sesuka hati Anda jika menemui pertanyaan “bagaimana pendapat Anda”. Ada kemungkinan benar.

Jawaban ujian tersebut haruslah berkaitan dengan materi yang telah diberikan. Penguji tidak akan ambil pusing apakah Anda sudah siap menghadapi ujian atau belum belajar sama sekali. Jadi, jangan sekali-sekali mencontoh jawaban seperti di bawah ini.

Kasus Ujian

Iklan

Pengumuman Kuliah 19 September 2008


Tutor-Kuliah Metode Kuantitatif sudah berjalan selama dua minggu. Ketua kelasnya kok minim kontak sama tutor ya? Ga masalah sih. Lha ppt-nya aja belum terkumpul semua. Jadi mungkin baru minggu depan sempat dibagikan ppt-nya.

Kembali ke laptop masalah kuliah. Kuliah hari Jumat, 19 September 2008 karena satu dan lain hal tidak jadi diadakan di MAP. Kuliah dikembalikan ke Ruang 4 Fisipol jam 08.00. Kuliah tersebut akan sekaligus dibuat dua sesi seperti yang telah disepakati Jumat kemarin.

Jadi jangan terlambat ya. :mrgreen:

Curhat Dua


Udah banyak banget yg nulis di Curhat. Panjang-panjang lagi. Tapi masih belum tau yang itu namanya siapa, no HP-nya juga. Makanya sekarang bikin curhat dua aja ya. Biar yang lain pada gampang ngisinya.

Ga mudah jadi tutor tuh. Berat. Godaannya juga berat. Di satu sisi harus bisa memberikan kenyamanan bagi mahasiswa, namun di sisi lain harus menjaga obyektivitasnya. Tetep aja belum dapet nama + no HP-nya. Gemes dech.

Apalagi ketika harus ngasih tutorial SPSS. Ngajar di kelas komputer selalu terasa berat. Kenapa ya? Padahal kesempatan deket2 buat ngajarin ada. Tapi alhamdulillah bisa terlaksana dengan baik dan benar.

Walaupun banyak yang belum mengerti juga tentang kesulitan-kesulitan jadi tutor, LA Light enjoy aja

Tadi siang ada yang ngumpulin tugas. Tapi gw kecewa berat sama hasilnya. But, akhirnya gw maklum bahwa itu hasil kerjanya dia sendirian. Kalau aja dia ce gw tadi ketemu, bisa direvisi tuh. Hingga saat2 terakhir nanti ketemu.

Sekarang udah mendekati detik2 terakhir kebersamaan kita dalam kuliah Kuantitatif. Sedih deh ga bakalan ketemu dia kalian lagi. But, website ini masih tetep bisa dikomentarin. Ga bakalan ditutup. Ga bakalan dihapus. Cuma ditambah tulisan-tulisan yang bakal melenceng jauh dari Kuantitatif.

Selamat ujian. Pesen gw, salam buat yg itu pahami materi kuliah dan jangan andalkan hapalan. Hanya itu yang akan menyelamatkan kalian di masa depan. Thanks. ­čśŽ

Pengumuman Kuliah Tambahan Desember


Alhamdulillah. Sudah hampir satu semester kita bersama. Tapi ternyata namanya yang itu siapa materi kuliah belum juga tuntas. Perlu kenalan sendiri adanya kuliah tambahan untuk kali ini. Akhir tahun ini akan ditutup dengan kuliah tambahan untuk mata kuliah Metode Kuantitatif (MKMK) bersama pak Erwan Agus Purwanto.

Kuliah Tambahan Metode Kuantitatif akan diadakan pada hari Jumat, tanggal 28 Desember 2007, mulai jam 08.00 hingga selesai. Bertempat di Ruang Seminar MAP-UGM. (makasih diingetin ya Wahyu)

Hari Rabu tanggal 19 Desember 2007 tidak ada kuliah tambahan kok. Karena pagi sudah ada jadwal yang tidak dapat ditinggalkan. Kemudian siang ada kuliah lain.

Demikian dan terima kasih.

Pengumuman Kuliah Metode Kuantitatif II


Alhamdulillah kuliah pada tanggal 2 November 2007 telah sukses dilaksanakan. Untuk kuliah pada tanggal 9 dan 16 November 2007 akan diisi dengan tutorial atau bimbingan konsultasi untuk tugas penelitian lapangan. Terhitung mulai hari ini tanggal 02 November 2007, tugas kelompok penelitian lapangan dimulai. Tugas awal adalah membuat sebuah proposal penelitian lengkap. Bimbingan konsultasi akan diadakan di Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada setiap Jumat pada jam 09.00 hingga 11.00. Untuk hari lainnya dapat dikonsultasikan dengan melalui email. Terima kasih.

Pengumuman kuliah Metode Kuantitatif


Ujian mid semester untuk mata kuliah Metode Kuantitatif 26 Oktober 2007 ditiadakan. Hanya mengumpulkan tugas Proposal Penelitian dan presensi saja.

┬áKuliah Metode Kuantitatif guna mengganti jam kuliah yang kosong lalu akan diadakan pada hari Sabtu tanggal 27 Oktober 2007 mulai jam 08.00 hingga selesai. Bertempat di MAP – UGM.

Don’t miss it.

Diskusi Empat


Baik, kita masuki diskusi yang keempat dalam situs ini. Tugas kita untuk mencari latar belakang atau sebab timbulnya permasalahan, dan mencari solusi atau pemecahannya. Tidak sulit karena kita semua menghadapinya. Diskusi Empat kita mulai.

Permasalahan:

Minat mahasiswa peserta kuliah Metode Kuantitatif untuk berdiskusi rendah.